Bisa Berumur Panjang dan Memancing Menggunakan Lidah, Fakta Mengenai Kura – Kura Aligator

Bisa Berumur Panjang dan Memancing Menggunakan Lidah, Fakta Mengenai Kura – Kura Aligator
Kura - Kura Aligator Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Salah satu spesies kura – kura air tawar yang termasuk dalam famili Chelydridae adalah Kura-kura aligator atau Macrochelys temminckii.

Spesies Kura-kura air tawar terbesar yang ditemukan di Amerika Utara adalah yang satu ini. Kura-kura aligator dapat ditemukan di Florida Utara, Georgia, Texas, Illinois dan bahkan Kansas. Ada juga Kura-kura di daerah aliran sungai Mississippi.

Sungai besar, danau, lahan basah, dan perairan dalam lainnya merupakan habitat alami Kura-kura aligator dewasa. Daerah sungai yang lebih kecil biasanya menjadi rumah bagi Kura-kura remaja.

Baca Juga:Kamu Punya Burung Berikut Adalah 5 Cara Tips Merawat Burung Agar Gacor dan SehatMengeluarkan bau busuk, 5 Fakta Unik Ular Kisik, Jenis Ular yang Sering Kita Lihat 

Lalu fakta apa saja yang ada pada kura – kura aligator ini apakah mereka bisa berumur panjang berikut adalah pembahasanya.

1. Kura – kura aligator bisa berumur panjang

Kura-kura aligator jantan yang berada di alam liar bisa dapat hidup selama 11–45 tahun, dengan usia rata-rata 26 tahun.

Sedangkan betina dapat hidup selama 15–37 tahun, dengan rata-rata 23 tahun. Namun, ketika berada di penangkaran kura-kura aligator dapat hidup sangat lama.

Tercatat bahwa individu tertua yang hidup di penangkaran bisa hidup selama 70 tahun.

2. Bisa Memiliki ukuran yang sangat besar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kura-kura aligator merupakan jenis kura-kura air tawar yang bisa memiliki ukuran tubuh besar.

Panjang tubuhnya dapat mencapai 79–101 cm, dengan berat tubuh 70–80 kg. Pada bagian cangkang atau karapasnya, terdapat tiga tonjolan besar yang membentang dari bagian depan hingga belakang karapasnya.

Kura-kura ini memiliki kepala yang besar dengan mata yang berada di sisi samping kepala. Rahang dari kura-kura ini juga terkenal sangat kuat.

3. Biasa Memancing menggunakan lidah

Baca Juga: Memiliki Badan yang Besar, 5 Fakta Unik Domba Argali yang Belum Kamu Ketahui Kamu Mau Gaji Tinggi, Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Namun Sangat Berbahaya Bagi Keselamatan

Kura-kura aligator ini bersifat karnivora atau pemakan hewan lain. Hewan ini memakan ikan serta hewan air lainnya.

Terkadang mereka juga memakan mamalia kecil serta beberapa jenis tumbuhan. Kura-kura ini memiliki cara yang unik untuk menangkap mangsanya.

Mereka akan berdiam di dalam air sambil memperlihatkan bagian pada lidahnya yang mirip seperti cacing.

Bagian lidah ini dapat memikat mangsa untuk mendekat dan masuk ke dalam perangkap kura-kura aligator.

0 Komentar