8 Efek Samping Pisang yang Jarang Disadari, Jangan Terlalu Banyak Konsumsi!

8 Efek Samping Pisang yang Jarang Disadari, Jangan Terlalu Banyak Konsumsi!
Pisang. Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Siapa sih yang tidak suka pisang? Buah berwarna kuning ini memang lezat, mudah didapat, dan punya segudang manfaat bagi kesehatan. Tapi, tahukah kamu kalau mengonsumsi pisang terlalu banyak juga bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan?

Berikut 8 Efek Samping Pisang

1. Buah Surga yang Menyimpan Rahasia

Pisang memang kaya akan nutrisi penting seperti kalium, vitamin C, dan serat. Namun, seperti halnya makanan lainnya, terlalu banyak mengonsumsi pisang juga tidak baik. Nah, apa saja efek samping yang bisa terjadi jika kamu terlalu sering makan pisang? Yuk, simak ulasan berikut ini.

2. Hiperkalemia: Si Pendiam yang Berbahaya

Salah satu efek samping paling serius dari konsumsi pisang berlebihan adalah hiperkalemia. Kondisi ini terjadi ketika kadar kalium dalam darah terlalu tinggi. Kalium memang penting untuk fungsi otot dan saraf, tapi jika berlebihan bisa mengganggu irama jantung dan bahkan menyebabkan kematian.

3. Berat Badan Naik? Bisa Jadi Karena Pisang Lho!

Baca Juga:Hati- Hati, Kenali Tanda-Tanda Tubuhmu Kelebihan GulaSering Merasa Lapar? Coba 10 Makanan Ini untuk Tekan Nafsu Makanmu!

Meskipun pisang sering dijadikan sebagai camilan sehat, namun kandungan kalori dan karbohidratnya cukup tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup, tentu saja berat badanmu akan naik.

4. Perut Kembung dan Sembelit Mengintai

Pisang mengandung serat yang tinggi, yang sangat baik untuk pencernaan. Namun, jika kamu mengonsumsi terlalu banyak serat tanpa cukup minum air putih, justru bisa menyebabkan perut kembung dan sembelit.

5. Migrain dan Alergi Lateks: Siapa Sangka?

Beberapa orang mungkin mengalami migrain setelah mengonsumsi pisang. Hal ini diduga karena adanya senyawa tertentu dalam pisang yang dapat memicu serangan migrain.

Selain itu, orang yang alergi lateks juga berisiko mengalami alergi terhadap pisang karena adanya protein serupa pada kedua makanan tersebut.

6. Gula Darah Naik: Waspada Bagi Penderita Diabetes

Pisang mengandung gula alami yang disebut fruktosa. Meskipun fruktosa lebih sehat dibandingkan gula tambahan, namun konsumsi berlebihan tetap bisa meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes perlu berhati-hati dalam mengonsumsi pisang.

7. Gangguan Pencernaan pada Penderita IBS

0 Komentar