5 Amal Jalan Menuju Surga Dalam Islam

waktu baca 3 menit
Ilustrasi Amal Jalan Menuju Surga Dalam Isalam Foto/Pixabay

RAKCER.ID-  Jalan Menuju Surga telah Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW pernah berkata bahwa menebarkan salam kebaikan, bersilaturahmi untuk merajut kasih sayang, dan salat malam ketika orang-orang tidur adalah salah satu jalan menuju ke surga.

Jalan Menuju Surga  yang dapat menjadikan seseorang ahli surga ini bisa diaplikasikan dalam keseharian. Tidak terlalu memberatkan, tapi terkadang lalai untuk dilakukan. Karena Setiap manusia  ingin menjadi salah satu di antara para penghuni surga.

Amal Jalan  Menuju Surga Dalam Isalam

  1. Shalat Fardu

Shalat adalah perintah utama dan Kewajiban bagi setiap Umat Muslim di dunia.

Baca Juga:
Dekorasi Akad Nikah Sederhana di Rumah Kekinian
5 Resep Hidangan Lebaran yang Enak dan Mudah

Dari ‘Ubadah bin ash-Shâmit Radhiyallahu anhu , ia berkata, “Aku mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللهُ عَلَى الْعِبَادِ ، مَنْ أَتَىٰ بِهِنَّ لَمْ يُضَيِّعْ مِنْهُنَّ شَيْئًا اسْتِخْفَافًا بِحَقِّهِنَّ ؛ كَانَ لَهُ عِنْدَ اللهِ عَهْدٌ أَنْ يُدْخِلَهُ الْـجَنَّـةَ ، وَمَنْ لَمْ يَأْتِ بِهِنَّ ، فَلَيْسَ لَهُ عِنْدَ اللهِ عَهْدٌ ، إِنْ شَاءَ عَذَّبَهُ ، وَإِنْ شَاءَ غَفَرَ لَهُ.

Lima shalat yang Allâh wajibkan atas hamba-Nya. Barangsiapa mengerjakannya dan tidak menyia-nyiakannya sedikit pun karena menganggap enteng, maka ia memiliki perjanjian dengan Allâh untuk memasukkan dia ke surga.

Dan barangsiapa tidak mengerjakannya, maka dia tidak memiliki perjanjian dengan Allâh. Jika Allâh berkehendak, maka Dia mengadzabnya dan jika Dia berkehendak Dia mengampuninya.

“Salat adalah tiang agama, barang siapa mendirikannya, maka sungguh ia telah menegakkan agama (Islam) itu dan barang siapa meninggalkannya maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu”. Oleh karena itu, umat Muslim wajib mendirikan salat guna memperkokoh tiang agama.

  1. Menjenguk Orang yang Sakit

Menjenguk orang sakit terlihat hal sepele namun dalam hal menjenguk orang sakit memiliki keutamaan yaitu bisa menjadikan amalan menuju surga  dalam islam karena menyambung Silaturahmi . Sebagaimana  Rasulullah SAW bersabda.

“Barang siapa yang menyambungku maka Allah akan menyambung hubungan dengannya, dan barang siapa yang memutuskanku maka Allah akan memutuskan hubungan dengannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Puasa Senin Kamis

Amal Jalan  Menuju Surga Dalam Isalam selanjutnya yaitu Puasa Senin Kamis.

Rasulullah berkata, “Amal-amal kebajikan dilaporkan pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amalanku dilaporkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

  1. Memberikan Makan pada Fakir Miskin

Tinggalkan Balasan