Maju di Pileg 2024, Aldyan Jadi Representasi Generasi Milenial

waktu baca 2 menit
Aldyan Fauzan Ramadlan Sumarna (kanan berkaos putih) siap berpartisipasi menjadi kontestan dalam Pemilu 2024 mendatang.

KESAMBI – Generasi muda diharapkan tidak hanya menjadi penonton dalam perhelatan Pemilu┬áTahun 2024 mendatang, mereka juga didorong untuk ikut berpartisipasi, bahkan bisa tampil dan ikut serta sebagai kontestan dalam hajat demokrasi tersebut.

Aldyan Fauzan Ramadlan Sumarna SM, menjadi salahsatu representasi generasi muda, yang berani maju ikut dalam kontestasi pileg 2024 di Kota Cirebon.

Pengusaha muda berumur 22 tahun ini, maju melalui Partai Amanat Nasional (PAN) dan namanya sudah lolos dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yang ditetapkan KPU.

Baca Juga:
Paripurna DPRD Sahkan Perda PDRD, Pemkot Sampaikan 3 Raperda untuk Dibahas
Di Hadapan Presiden, PLN Paparkan Konsep Transisi Energi Menuju COP28 di Dubai

Ia tidak alergi terhadap perpolitikan, khususnya di Kota Cirebon, karena menurutnya, partisipasi politik generasi muda masih perlu ditingkatkan, dan generasi muda harus lebih banyak mengambil peran.

“Generasi muda menjadi harus agen yang memiliki peran yang begitu krusial dalam penentuan nasib bangsa dan negara, kita harus tampil,” ungkap Aldy, sapaan akrabnya, kepada Rakcer.id.

Dikatakan Aldy, representasi politik generasi muda sangat penting dalam penentuan sebuah kebijakan yang lebih terbaharukan, karena representasi tersebut akan mengakomodasi kepentingan generasi

muda.

Belum lagi, tingginya tingkat partisipasi pemilih muda, yang berkisar di angka 20,3 persen di Kota Cirebon pada Pemilu 2024, dan menjadi proporsi jumlah penduduk yang lebih dominan, menjadi sebuah keharusan generasi muda hadir di parlemen dan menjadi representasi yang ideal.

“Dalam mewujudkan hal tersebut, tentunya diperlukan kesadaran akan politik yang tinggi bagi generasi muda,” imbuh mantan Ketua HIPMI Telkom University tersebut.

Sementara itu, Praktisi Hukum, Rusdianto SH MH menambahkan, generasi muda selalu identik dengan pelopor perubahan dalam dinamika berbangsa dan bernegara, dimana generasi muda kerap melahirkan inovasi yang bisa diadaptasikan dengan perkembangan teknologi.

Dengan kecakapannya, lanjut Rusdianto, generasi muda dinilai mampu mentransformasikan suatu zaman, dan julukan sebagai agent of change menjadi suatu hal yang nyata dan melekat dalam diri generasi muda.

“Generasi muda menjadi generasi yang adaptif akan perkembangan akan modernitas zaman, termasuk di bidang politik,” katanya.

Maka dari itu, kata Rusdianto, ia mendukung generasi muda, ikut hadir dan terlibat langsung dalam proses demokrasi, dan ikutnya Aldy yang terjun ke dunia politik, menurutnya akan membuat partisipasi politik generasi muda semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan